Sabtu, 22 September 2018


JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).[1] Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasijaringan komputer.[1]
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.[2]: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.[2]

Macam Jenis Jaringan Komputer

Secara keseluruhan jaringan komputer di dibagi menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi data, media pengiriman data, tugas dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi jaringan yang digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai macam jenis jaringan komputer.

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis




1. Persoanal Area Network


PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer,Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).


Hasil gambar untuk gambar pan
Sumber : https://www.google.co.id/search?q=gambar+pan&safe=strict&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=fSCyWGu6nhU71M%253A%252CzMmSQHNNEdk9HM%252C_&usg=AI4_-kTNpSDZW_YQ4SrYETkx_6q3mbVrwg&sa=X&ved=2ahUKEwiq1_mfns7dAhUJPI8KHbQpBcsQ9QEwAXoECAUQBg#imgrc=NTORK1pxgQN-aM:

2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang hanya mencakup pada area kecil yang luasnya tidak lebih dari 1 meter persegi.
Hasil gambar untuk gambar lan
Sumber : https://www.google.co.id/search?q=gambar+lan&safe=strict&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=UE5AtKVH-_ZPSM%253A%252CwXKAz_E-UnHj8M%252C_&usg=AI4_-kTiwWo9tDK28ZcWNOE_HsSq8y2mcQ&sa=X&ved=2ahUKEwiIvZDsns7dAhWPXn0KHfKSDVAQ9QEwBHoECAYQDA#imgrc=KIzUsmK1TtjRUM:

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) mencakup area hingga satu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa juga dikatakan jaringan komputer ini merupakan gabungan dari beberapa LAN.
Gambar terkait
Sumber : https://www.google.co.id/search?q=gambar+man&safe=strict&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=V2HJgRKdLB6hYM%253A%252CsUIJe0yyIPTVfM%252C_&usg=AI4_-kS-Wf0CEWI0xU3jnE5RdUtbj6ap7Q&sa=X&ved=2ahUKEwibtZm9n87dAhVMto8KHe5bCM8Q9QEwAnoECAYQCA#imgrc=V2HJgRKdLB6hYM:

4.  Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) tentu mencakup daerah yang lebih luas lagi hingga sebuah negara atau benua, fungsinya adalah untuk melakukan komunikasi meskipun berada di daerah yang berbeda.
Hasil gambar untuk gambar wan
Sumber : https://www.google.co.id/search?q=gambar+wan&safe=strict&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=J_TFcIlSZg4M2M%253A%252CoImPzatg5HBhVM%252C_&usg=AI4_-kS2ev7Mzv_WHJlwpryrhJ1hHpwk_g&sa=X&ved=2ahUKEwibvpbzn87dAhXbeisKHY4yAEYQ9QEwBnoECAYQEA#imgrc=lrsG5jQQbqnL5M:

B. Berdasarkan distribusi sumber informasi data

1. Jaringan terpusat

Jaringan terpusat terdiri dari server dan komputer client yang akan berfungsi sebagai perantara dalam melakukan akses data dari komputer server.

2. Jaringan terdistribusi

Ada kombinasi dari beberapa jaringan terpusat sehingga merupakan jaringan dari beberapa komputer server serta client yang saling terhubung.

C. Berdasarkan media transmisi data

1. Jaringan berkabel (Wired Network)

Media pengiriman data yang dipakai pada jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut dipergunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi data yang terhubung dengan internet. Salah satu media pengiriman yang dipakai pada Jaringan berkabel adalah kabel UTP.

2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi)

Pada jaringan ini dibutuhkan sinyal elektromagnetik sebagai media pengiriman datanya. Berlainan pada jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar data dengan komputer lain, melainkan memakai sinyal elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.
Pengertian Jaringan Internet dan Macam Jenis Jaringan Komputer

D. Berdasarkan topologi jaringan

Topologi jaringan komputer adalah susunan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. 
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi linier

E. Berdasarkan tugas dari tiap Komputer

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini tersusun dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Umumnya tersusun dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas mempersediakan semua sumber daya data dan informasi, sementara itu untuk komputer client atau user hanya bisa memakai sumber daya data dan informasi yang ada pada komputer server.

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, tipa-tiap komputer, baik itu komputer server ataupun komputer client atau user memiliki peranan yang sama. Jadi, komputer client bisa menjadi komputer server, dan sebaliknya komputer server juga bisa menjadi komputer client.
Beberapa jenis jaringan komputer tersebut memang memiliki manfaatnya masing-masing dan jangkauan area yang bisa diaplikasikan dalam penggunaannya.
Sehingga anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan untuk menentukan jenis jaringan komputer mana yang akan digunakan dalam memudahkan proses pengiriman informasi secara lebih tepat dan akurat.

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

Setelah mengetahui jenis yang akan anda gunakan tentu memahami manfaat jaringan komputer juga akan membantu anda untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan anda dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat.
Berikut beberapa manfaat penggunaan jaringan komputer yang bisa anda dapatkan:
  • Anda akan membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien. Apalagi dengan adanya jaringan data yang cepat maka akan membuat segalanya menjadi lebih mudah
  • Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan
  • Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat
  • Jika digunakan di kantor maka akan dapat menekan pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada
  • Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time, sehingga untuk kebutuhan mendesak adanya jaringan ini juga akan sangat membantu
  • Anda bisa melakukan akses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.
Pada intinya memang penggunaan jaringan komputer ini adalah untuk mempermudah akses informasi. Baik untuk area pengiriman jarak dekat ataupun jarak jauh, sehingga akan memudahkan segala kebutuhan akses anda dalam mendapatkan informasi secara cepat, efisien dan akurat tentunya.
Maka dari itu, anda harus mempertimbangkan dengan baik pemasangannya dengan tepat agar sistem atau jaringan yang dibangun dapat berfungsi sesuai manfaatnya masing-masing dalam memudahkan pekerjaan anda.
Penyebaran informasi yang semakin mudah dengan adanya jaringan komputer ini memang sangat penting terutama untuk pekerjaan kantoran.
Sumbe :https://blog.dimensidata.com/macam-jenis-jaringan-komputer-dan-pengertian-lengkapnya/
https://dosenkomputer.com/pengertian-jaringan-pan-personal-area-network/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal apa itu ICMP,POP3,SMTP,STP,ARP serta kelebihan dan kekurangan IPV4 dan IPV6

Pengertian ICMP Dibawah ini adalah gambar jalur icmp:         Pengertian ICMP (Internet Con...